Mengenal Jenis Jenis Mobil

Mengenal Jenis Jenis Mobil - Setelah sebelumnya Mas GunKlaten Berbagi artikel mengenai tips membeli mobil bekas, kali ini kami mencoba memperkenalkan kepada anda semua pembaca setia blog ini yaitu tentang jenis-jenis mobil berdasarkan modelnya. Jenis-jenis mobil terbaru ini saya maksutkan agar kita bisa mengetahui jenis-jenis dan model mobil dan bisa membedakan kalau mobil itu termasuk dalam jenis dan model mobil tertentu. Hal ini juga sangat berguna untuk kita agar lebih hafal tentang jenis-jenis mobil sebelum kita membeli mobil baik mobil baru maupun mobil bekas.
jenis jenis mobil
Jenis-jenis mobil
Dan berikut ini contoh dari jenis-jenis mobil berdasarkan model yang dilengkapi dengan contoh gambarnya:
  • Jenis mobil City Car
Karena bentuknya yang mungil membuat mobil ini sangat lincah dan nyaman dikendarai di dalam kota yang lalu lintasnya padat, mudah mencari tempat untuk parkir, konsumsi bahan bakarnya juga relatif hemat. Namun, untuk bepergian ke luar kota mobil ini memiliki banyak keterbatasan. Walaupun sanggup dipacu dalam kecepatan tinggi, tetapi tidaklah senyaman mobil-mobil yang memiliki kapasitas mesin yang lebih besar. Selain itu, kehadiran di antara bus-bus luar kota dan truk-truk besar menimbulkan persoalan tersendiri. Yang termasuk kelas city car : Chevrolet Spark, Daihatsu (Ceria, YRV), Hyundai AtoZ, KIA Visto, Suzuki Karimun, dan Mercedes Benz A-Class dll.
  • Jenis mobil Sedan
Jenis mobil ini nyaman dan aman dikendarai bahkan dalam kecepatan tinggi. Perjalanan jarak jauh dapat dilakukan secara lebih cepat dan nyaman sehingga jarak bukan masalah. Namun, persoalan timbul jika menemui jalan yang kondisinya rusak atau jika harus menerjang banjir. Selain itu, daya muat penumpangnya juga terbatas. Beberapa kendaraan kelas sedan diantaranya: Alfa Romeo (156 2.0 L, 156 2.5 L, 166 3.0 L), Audi (A3, A4, A6, A8, TT), BMW (Serie 3, Serie 5, Serie 7), Chevrolet (Optra), Ford Lynx dll.
  • Jenis mobil MPV (Multi Purpose Vehicle)
Untuk jenis mobil yang performanya mendekati sedan dan daya muat penumpangnya yang lebih besar daripada sedan bisa menjadi pilihan yang menarik. Beberapa kendaraan kelas MPV diantaranya: Chevrolet Zafira, Honda (Odessey) Hyundai (Trajet), KIA (Carnival), Mazda (E2000), Suzuki Aerio DLL
  • Jenis mobil Utility Vehicle
Dengan memiliki daya muat penumpang yang lebih besar dan daya jelajahnya lebih baik daripada sedan. Namun, kenyamanan dan keamanannya masih di bawah sedan sehingga perjalanan jarak jauh bisa menjadi pekerjaan yang melelahkan. Beberapa kendaraan kelas UV : Chevrolet Tavera, Daihatsu (Espass), Mitsubishi (Kuda),Toyota Kijang, Isuzu Panther dll.
  • Jenis mobil SUV (Sport Utility Vehicle)
Jenis mobil ini merupakan perpaduan antara sedan dan jeep. Kenyamanan dan keamanannya tidak kalah dari jenis mobil sedan, serta dapat digunakan dengan mantap dalam kondisi jalan rusak parah dan menerjang banjir. Itu semua disebabkan ground clearance SUV lebih tinggi bila dibandingkan dengan sedan dan MPV. Akan tetapi, ground clearance yang tinggi itu membuat SUV rentan bila dipacu dengan kecepatan yang tinggi. Biasanya kecepatan SUV hanya berkisar di sekitar 140 kilometer per jam. Namun, keadaan itu tidak dialami oleh SUV papan atas. SUV papan atas dapat dipacu sampai 200 kilometer per jam dengan nyaman dan aman karena sistem suspensi canggih yang digunakan dapat mengatur tinggi rendahnya ground clearance sesuai dengan kecepatan yang dikembangkan. Kalaupun ada kelemahannya, itu pun jika bisa disebut sebagai kelemahan, adalah harganya yang sangat mahal.Beberapa kendaraan kelas SUV diantaranya: BMW X5, Cherokee, Ford (Everest), Honda CRV, Hyundai Santa Fe, Mercedes M-Class, Nissan (Terrano), Subaru Forester, Suzuki Escudo, Toyota Fortuner SUV terbaik dll.
  • Jenis mobil Convertibles
Jenis mobil ini cirinya atap mobil bisa dibuka dan di tutup
  • Jenis mobil Wagons dan Hatchbacks
Persamaan dan Perbedaan Station wagon dengan Hatchback
Persamaan antara Station wagon dengan hatchback adalah keduanya mempunyai design konfigurasi yang sama yaitu dua kotak, kotak bagian depan adalah ruang mesin dan kotak belakang adalah ruang penumpang dan kargo/barang dalam satu ruang, serta terdapat pintu belakang untuk akses kargo/barang. Disamping mempunyai persamaan, keduanya juga mempunyai sedikit perbedaan yang antara lain pada bagian
Ruang Kargo/barang, Kursi, Suspensi Belakang,
  • Jenis mobil Sports Cars
Jenis mobil sport biasanya di desain secara khusus dengan kecepatan jarak tempuh yang tinggi. Disamping itu jenis mobil ini juga termasuk dalam jenis mobil mewah.
  • Jenis mobil Vans
Van adalah kendaraan yang digunakan untuk mengangkut barang atau orang. Biasanya berbentuk kotak dengan empat roda, dan lebar serta panjangnya sama dengan mobil, tetapi lebih tinggi badannya dan juga dibuat lebih tinggi dari tanah.
  • Jenis mobil Jeep
Mobil jenis ini sangat cocok untuk medan yang berat seperti daerah perbukitan. Contoh dari jenis ini seperti Daihatsu (Feroza, Taft), Land Rover Defender, Mercedes Benz G-Class, Suzuki Katana, dan Wrangler.
  • Jenis mobil Truk
Jenis mobil ini biasanya digunakan untuk keperluan angkut barang.

Nah setelah kita tau jenis-jenis mobil berdasarkan modelnya kita jadi gampang untuk memilih jenis mobil yang akan kita beli sesuai kebutuhan kita. Baca juga artikel saya yang lain mengenai Fortuner SUV Terbaik. Terimakasih.

 sumber: http://gunklaten.blogspot.com/2012/08/jenis-dan-model-mobil-terbaru.html
@