Air tejun sumber pitu malang, atau warga sekitar malang sering menyebutnya dengan coban sumber pitu pujon. Adalah sebuah tempat wisata malang di malang yang baru beberapa  bulan terakhir naik daun.  Coban sumber pitu malang sendiri berada di di wilayah hutan milik perhutani kab. Malang.

Dalam bahasa indonesia, coban sumber pitu pujon adalah air terjun yang memiliki 7 sumber. Disebut seperti itu karena memang air terjun sumber pitu memiliki 7 air terjun yang saling berdekatan dan memenuhitebing selebar kurang lebih 50 meter.



Coban pitu sendiri ada 2 di kota malang, yaitu coban pitu di wilayah duwet krajan, atau di ujung timur kabupaten malang. dan yang aan kita bahas kali ini adalah coban sumber pitu di wilayah punjon malang yang berada agak kebarat. Jika pengunjung salah rute, harus putar balik dengan estimasi waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Air terjun sumber pitu pujon sendiri berada di jalur kota batu, malang – kediri atau masih satu jalur dengan beberapa air terjun yang berada di kota batu malang, yaitu air terjun coban rondo. Memang 2 air terjun ini masih  berada di satu gugus pegunungan yang sama.



Lokasi Lengkap Dan Rute Menuju Ke Air Terjun Sumber Pitu Pujon
Secara administratif air terjun atau coban sumber pitu malang ini berada di desa pujon kidul, kecamatan pujon, kabupaten malang Jawatimur. Untuk menuju kesana paling mudah adalah melalui jalur batu – kediri. Coban air terjun sumber pitu sendiri beradadi titik koordinat -7.865354, 112.464290 .

Rutemenuju ke coban sumber pitu pujon pun cukup mudah. JIka pengunjung berada di kota malang langsung saja menuju ke kota wisata batu. dari kota batu ambil arah menuju ke jalan batu-kediri. lurus saja sampai ketemu pertigaan dengan sebuah patung sapi di pertigaan Ringin Punden lalu belok ke kiri. Dari sana lurus aja menuju ke barat menuju ke dusun pujon kidul.


Keindahan Air Tejun Sumber Pitu Pujon Malang
Perjuangan untuk menuju ke coban sumber pitu pun belum selesai. Setelah pengunjung sampai di pos informasi pengunjung akan diberikan beberapa informasi tentang air terjun sumber pitu. Dari pos informasi pengunjung harus masih berajalan melewati perkebunan sayur milik warga sekitar dan hutan milik perhutani  sejauh sektiar 2 kilometer.

Di wilayah wisata alam coban sumber pitu malang sendiri terdiri dari 2 pos. Pos pertama adalah pos informasi segala hal tentang coban sumber pitu. pos yang kedua adalah pos peristirahatan. Sebenarnya para pengunjung bnisa memarkirkan kendaraan roda dua disini., tetapi arena di pos 2 tidak ada tukang parkir, maka rawan terjadi pencurian.

Disepanjang perjalanan pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan para petani lokal berkebun memetik sayuran disana. Setelah melewati perkebunan sayur pengunjung mulai memasuki jalur tracking menuju hutan milik perhutani tempat dimana coban sumber pitu berada.

Suara gemercik air yang jatuh akan mulai terdengar ketika para pengunjung sudah mulai mendekati lokasi air terjun sumber pitu. Ketika pengunjung sudah mulai mendekati ke air terjun sumber pitu akan menemui aliran sungai yang berasal dari mata air tersebut.


100 meter dari air terjun, pengunjung masih harus mendaki lagi untuk menuju ke air terjun utama. Diharapkan pengunjung berhati-hati karena kontur tanah yang sangat licin. Disana juga sudah ada beberapa petugas jaga untuk mengawasi pengunjung dan beberapa rambatan terbuat dari bambu untuk sekedar bepegangan pengunjung.

Semua lelah sirna sudah ketika parapengunjung dihadapkan dengan tebing pegunungan yang melengkung dengan guyuran air tidak henti-henti nya menerpa bumi. Suasan tenang damai, dingin, hijau. Itulah gamabran suasana disana.

Seperti namanya sumber pitu. air terjun sumber pitu malang ini memang memiliki 7 titik airterjun dalam satu tebing yang cukup tinggi. Uniknya  lagi walaupun musim kemarau air terjun sumber pitu akan tetap ada airnya, hanya saja debit air di air terjunsumber pitu ini akan sedikit berkurang.

Tag : sewa mobil malang, sewa mobil di malang, rental mobil malang, rental mobil di malang